Kamis, 27 Desember 2007

INTERAKSI SOSIAL ADALAH NYAWA DALAM KEHIDUPAN

Dapat kita lihat bahwasanya interaksi sosial adalah faktor utama dalam kehidupan. Bentuk umum proses sosial adalah interaksi sosial, oleh karena itu interaksi sosial adalah syarat utama terjadinya aktifitas-aktifitas sosial. Bentuk lain proses sosial hanya merupakan bentuk-bentuk khusus dari interaksi sosial. Dan interaksi sosial itu sendiri menyangkut hubungan antara orang-perorangan, bisa juga antara kelompok manusia, maupun antara perorangan dengan kelompok manusia. Interaksi sosial terjadi di dalam masyarakat manakala ada sebuah perbenturan antara kepentingan individu, ataupun kepentinghan kelompok. Karena masing-masing individu memiliki kepentingan yang bermacam-macam sehingga hal itu membuat mereka berfikir bahwa mereka membutuhkan bantuan manusia lain. Dengan terjadinya saling membutuhkan sehingga terjadilah sebuah interaksi pada manusia tersebut. Dengan terjadinya sebuah interaksi secara langsung kemungkinan untuk terciptanya sebuah kebudayaan baru akan sangat mudah. Karena sesungguhnya suatu bangsa itu secara terus menerus akan membutuhkan hasil-hasil fikiran manusia. sehingga suatu bangsa dapat selalu menghsilkan kebudayaan-kebudayaan baru tentunya untuk kemajuan bangsanya. Jadi intinya sebuah interaksi dalam kehidupan sehari-hari itu sangat penting. Tanpa adanya sebuah interaksi dalam kehidupan sehari-hari masyarakat tidak akan dapat menghasilkan kebudayaan baru.

2 komentar:

Andi Dwi Handoko mengatakan...

“Lihatlah langit malam ini. Cerah terpancar dari setiap titik horizon. Walau bulan hanya separo namun pendar cahayanya mampu memeluk kelam malam. Bintang bertaburan membuat lanskap keindahan. Andai aku dapat terbang ke angkasa, akan ku petik dua bintang yang bersinar terang. Lalu akan ku persembahkan satu untukmu dan ku simpan satu untukku, kemudian bersama-sama kita simpan dalam lubuk hati kita.”




“ Jika aku mampu terbang ke singgasana langit, aku tak ingin memetik dua bintang untuk kita berdua. Aku akan memetik satu bintang dan akan ku belah menjadi dua untuk kusimpan dalam hatiku dan hatimu. Sehingga sinar bintang dalam hatiku dan hatimu akan melebur menjadi satu selamanya. Abadi dalam hati sanubari kita.”

MY IDENTITY mengatakan...

syg tulisannya ko sdkit...anak Sos UNY y?kmRn aq pernh main k HIMA dsana..visit q d www.janualaidi01.blogspot.com