Kamis, 06 Desember 2007

HUBUNGAN SOSIOLOGI DENGAN KOMUNIKASI

Kalau kita perhatikan hubungan sosiologi dengan komunikasi sangat erat sekali keterkaitannya. Bayangkan saja jika dalam ilmu sosiologi tidak mengenal adanya ilmu komunikasi pasti akan mempersulit laju perkembangan suatu perubahan yang kita inginkan. Jadi secara tidak langsung hubungan komunikasi dengan sosiologi sangat besar keterkaitannya, jika dalam sosiologi tidak ada komunikasi maka akan memperlambat laju perubahan' dan jika dalam komunikasi tidak menggunakan kaidah-kaidah sosiologi maka di dalam komunikasi bisa dapat terjadilah suatu konflik.
Yang saya maksud di sini begini: dalam sosiologi sebelum terjadinya sebuah komunikasi terlebih dahulu harus ada atau terjadinya kontak sosial setelah terjadinya kontak sosial baru terciptalah komunikasi (di sinilah letak hubungannya). Nah setelah terjadi sebuah komunikasi secara otomatis terciptalah sebuah interaksi antar individu karena adanya interaksi antar individu maka munculah ide-ide baru atau gagasan-gagasan baru. Dengan munculnya ide-ide baru dan gagasan-hgagasan baru secara otomatis akan timbual perubahan di dalam masyarakat tersebut atas ide-ide dan gagasan baru tadi. Dan ide-ide atau gagasan tersebut bisa berupa perubahan pola kebudayaan, pola perekonomian, pola kemasyarakatan dan lain sebagainya.
Jadi intinya Hubungan sosiologi dengan komunikasi itu sangat terkait erat dan saling menopang terutama bagi kemajuan dan perkembangan masyarakat. Sosiologi di sini berperan sebagai alat atau cara penerapan tingkah laku sebelum terjadinya komunikasi antar individu, individu dan masyarakat, masyarakat dengan masyarakat. Dan komunikasi di sini berperan sebagai Trik atau cara menaklukkan lawan (masyarakat) karena dengan adanya sebuah komunikasi maka sekeras apapun masyarakat tersebut dapat di taklukan dengan komunikasi.
Saya berharap para pembaca di sini dapat memahami tulisan saya ini, dan saya berharap juga agar para pembaca tidak menyalahkan pendapat saya ini. Akan sangat berbahagia sekali apabila para pembaca setuju dengan pendapat saya ini. Dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Hormat saya selaku penulis Galih Nugraheni Pend.Sosiologi 2006.

1 komentar:

KomUH '11 mengatakan...

bagus kq postinganx... lumayan bermanfaat buat ngerjain tugas.. XD